Monday, April 14, 2008

Mengalahkan Kosa Kata


Sebelum kita menjelajahi wacana tulis bahasa Inggris dengan segala daya pikat dan kompleksitasnya, ada baiknya kita mengetahui beberapa fakta dasar tentang kosa kata bahasa Inggris dalam wacana tulis.


Menurut para ahli, kosa kata bahasa Inggris terbagi menjadi 4 jenis, yaitu:

1. High Frequency Words (HFW): adalah kosa kata yang paling sering muncul dalam wacana tulis, dan membentuk 80% sampai 95% dari keseluruhan kosa kata dalam wacana tulis tersebut. Contohnya adalah kata-kata seperti do, make, say, live, yang hampir dapat dipastikan selalu ada dalam wacana tulis bahasa Inggris dari berbagai jenis. Terdapat sekitar 2000 kosa kata yang termasuk dalam jenis High Frequency Words (HFW) ini. Kendati jumlahnya tidak sangat banyak, namun HFW sangat sering muncul. Implikasinya adalah bahwa semakin banyak kosa kata HFW yang Anda kuasai, semakin mudah Anda memahami teks bahasa Inggris.


2. Academic Words (AW): adalah kosa kata yang umumnya muncul dalam teks-teks ilmiah dari berbagai bidang. Golongan ini meliputi kata-kata seperti perceive, role, available dan sejenisnya. Terdapat sekitar 750 kosa kata AW yang meliputi 8% sampai 10% dari keseluruhan kosa kata dalam teks-teks akademik. Implikasinya, jika Anda seorang insan yang berkecimpung dalam dunia akademis, entah sebagai dosen, mahasiswa atau peneliti, penguasaan AW akan sangat membantu Anda memahami teks-teks ilmiah.


3. Technical Words (TW): adalah kosa kata yang mempunyai makna yang khusus pada bidang-bidang ilmu yang spesifik pula. Contohnya adalah kata-kata seperti agree dan concordance di bidang tata bahasa, atau subpoena, decree di bidang hukum. Jumlahnya tidak lebih dari 1000 kata.


4. Low Frequency Words (LFW): adalah kosa kata yang jarang dipakai dalam teks-teks bahasa Inggris. Kata –kata seperti jettison atau flabbergasted masuk ke dalam kategori ini. Jumlahnya sangat banyak, meliputi hampir 126.000 kosa kata. Namun, kemunculannya sangat jarang, hanya meliputi 5% dari keseluruhan kosa kata dalam wacana tulis pada umumnya.


Implikasi dari kategori kosa kata di atas adalah bahwa penguasaan 2000 HFW akan membantu Anda memahami setidaknya 80% dari kosa kata pada suatu teks. Jika Anda menguasai 570 kosa kata AW, pemahamanAnda akan meningkat paling sedikit 8% lagi. Dengan bekal penguasaan HFW dan AW, Anda akan memahami setidaknya 88% dari kosa kata yang termuat dalam wacana umum atau ilmiah berbahasa Inggris. Bagaimana dengan TW dan LFW yang pasti juga terkandung dalam teks itu? Para ahli telah mendapati bahwa pembaca yang menguasai 90% sampai 95% dari kosa kata dalam teks akan dengan mudah menebak arti kata-kata sulit yang tergolong dalam TW dan LFW. Jadi singkat kata: semakin banyak Anda menguasai HFW dan AW, semakin mudah Anda "menaklukkan" kata-kata TW dan LTW!

Ingin tahu seberapa baik penguasaan kosa kata Anda? Nyalakan komputer, meluncurlah ke jejaring jagad jembar alias Internet, pilihlah satu teks dari suatu situs, salinlah teks tersebut (dengan menekan kunci “Ctrl” dan “C”), kemudian masuklah ke situs berikut ini: http://www.er.uqam.ca/nobel/r21270/textools/web_vp.html. Hapus dulu tulisan yang ada pada bagian kolom putih di tampilan yang muncul. Tempatkan kursor pada ujung kiri atas kolom putih tersebut, dan tekanlah “Ctrl” dan “V”. Setelah teks tadi masuk pada kolom itu, kliklah pilihan “DO IT!” di bagian kiri bawah. Dalam sekejap data kosa kata dari teks itu akan ditampilkan. Kata yang berwarna biru dan hijau adalah dari kelompok 2000 kata HFW; yang berwarna kuning adalah AW, dan yang berwarna merah adalah dari LFW. Nah, sekarang ujilah diri Anda sendiri dengan melihat pada kelompok-kelompok kata tersebut. Semakin banyak makna kata biru dan hijau yang Anda ketahui, semakin baik kemampuan membaca Anda. Semakin banyak makna kata-kata kuning yang Anda kuasai, semakin bertambah bagus lagi kemampuan membaca Anda. Bagaimana jika ternyata penguasaan kosa kata Anda untuk kata-kata tersebut masih rendah? Itu artinya, Anda perlu belajar lebih banyak kosa kata lebih keras lagi. Bagaimana caranya? Simak terus blog ini.

1 comment:

Yolanda Aprilia said...

Thank you so much for your sharing. It helps me to solve my problem about HFW and LFW, now i understand what does it means.