Tuesday, November 4, 2008

Bagaimana Membuat Ringkasan Teks

Banyak mahasiswa saya yang belum tahu bagaimana membuat ringkasan dari suatu teks bahasa Inggris. Nah, ini ada beberapa kiat praktis untuk meringkas/membuat summary:


1. Baca dulu keseluruhan teks untuk mendapatkan gambaran umum tentang ide utamanya.

2. Baca lagi paragraf demi paragraf. Pusatkan perhatian pada kata-kata baru yang belum Anda mengerti. Pakailah kamus, kalau bisa kamus Inggris – Inggris yang versi online atau versi hard copy, untuk menemukan artinya.

3.Baca lagi setiap paragraf yang kata-kata sulitnya sudah Anda pahami. Tentukan ide utama dari setiap paragraf dengan menemukan kalimat intinya (umumnya kalimat pertama, tapi banyak kali bisa pada kalimat ketiga dan selanjutnya. Kadang-kadang baru ketemu kalau paragraf tersebut dibaca beberapa kali. Diperlukan kepekaan untuk menyarikan suatu ide utama paragraf). Tuliskan ide utama ini.


4. Setelah selesai menuliskan ide utama dari setiap paragraf, baca kembali semua kalimat tersebut. Sekarang, gabungkan kalimat-kalimat itu sambil merubah (menambahi, mengurangi) beberapa bagian, sehingga menjadi ringkasan dari keseluruhan isi teks.

No comments: