Wednesday, May 7, 2008

Nge blog supaya tidak goblog dalam menulis

Tahu cara efekif untuk berlatih menulis dalam bahasa Inggris, tanpa takut dikoreksi guru, atau dicoret-coret dengan pena merah karena salah tata bahasa atau ejaan?

Nge blog.

Apa tuh? Dasar goblog! Itu artinya "tulislah blog, dalam bahasa Inggris".

Coba mampir sebentar kesini: http://patrisiusdjiwandono.blogspot.com atau ke sini: http://corry17.wordpress.com

Keduanya adalah sarana gratis dan praktis untuk menajamkan atau mempertajam kemampuan menulis bloggernya dalam bahasa Inggris. Coba lihat dan rasakan, betapa kalimat-kalimat bahasa Inggris mengalir begitu saja dari kedua blogger itu. Perkara salah grammar atau ungkapannya kurang pas, itu urusan nanti. Yang penting, tindak penulisan itu membuat keduanya terlatih dan terbiasa mengungkapkan buah pikiran ke dalam bahasa Inggris, dan ini semakin mengasah kemampuan bahasa Inggrisnya. Gampang kan?

Tentunya Anda harus sudah punya bekal penguasaan bentuk-bentuk dasar dalam bahasa Inggris, dan kosa kata aktif setidaknya 3000-word level (3000 kata yang paling sering muncul dalam bahasa Inggris). Akan lebih baik kalau Anda juga hobi menulis. Tinggal duduk di depan laptop atau desktop Anda, alirkan saja pikiran demi pikiran, ide, keluhan, curhat atau apapun ke dalam blog dengan bahasa Inggris. Bubuhi sedikit gambar, ilustrasi atau foto pribadi yang pas dengan tema tulisan, dan . . . ta daa, . . . Anda sudah berhasil mengungkapkan pendapat lewat bahasa Inggris tertulis.

No comments: